Detail Articles

Virus Bule Serang Tanaman Jagung di Kabupaten Kediri

Virus Bule Serang Tanaman Jagung di Kabupaten Kediri

@dakita. Kediri – Petani jagung di Desa Balongjeruk,  Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri Geram dan hanya bisa pasrah melihat tanaman jagungnya diserang penyakit putihan atau bule. Akibat serangan penyakit tersebut, puluhan hektar tanaman jagung yang masih usia satu bulan terpaksa di cabut dan dirombak diganti tanaman lain.

Serangan virus bule itu menyerang tanaman jagung di beberapa lokasi di desa tersebut, termasuk di Desa Balong Jeruk membuat petani mengalami kerugian puluhan juta rupiah. “Saya rugi 20 juta rupiah lebih, 5 hektar tanaman jagung saya terkena penyakit putihan atau bule ini.” Ujar Juari, 57, salah satu petani dari Desa Balong Jeruk, Minggu, (3/6)

Penyakit putihan atau biasa di sebut penyakit bule yang menyerang tanaman jagung, sampai sekarang belum bisa di tanggulangi oleh para petani. Acap kali bulai tanaman jagung yang di tanam para petani terserang hama sejenis virus tersebut, petani langsung pasrah dan menggantinya dengan tanaman lain.

“Wah mas, selama ini kalau sudah kena penyakit putihan obat satu-satunya ya cabut dan diganti dengan tanaman lain. Sudah tidak bisa di selamatkan mas, dari pada rugi lebih besar lebih baik segera di cabut saja. Biasanya tanaman jagung mengalami bintik-bintik putih dan tidak bisa besar. Umur 1 bulan tinggginya hanya 40 centimeter” Terang Supangat, 55. Sama dengan petani lainnya ,dia mengaku menggunakan bibit Pioner P27 Gajah untuk lahan sawah seluas 5 hektar.

Menurutnya, kasus ini sudah dilaporkan ke Dinas Pertanian. Pihak Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian Kabupaten Kediri yang mendapat laporan petani hanya diam tidak ada respon. Hal tersebut menyebabkan para petani geram denggan ulah PPL yang terkesan tutup mata terhadap kejadian serangan penyakit tersebut.

“Kok ada tanggapan mas, lewat saja tidak pernah mau memperhatikan. Apalagi memberikan solusi” ujar Juari, petani jagung lainnya. Pihaknya sudah berapa kali melaporkan serangan virus ganas tersebut ke PPL. (ys)

Keterangan Foto : Salah satu contoh tanaman jagung yang terkena serangan bulai di Desa Balong Jeruk Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Daerah Kita" Lainnya