Detail Articles

Peringatan HUT Kemerdekaan Kalah Meriah Dengan Berbagi Derma

Peringatan HUT Kemerdekaan Kalah Meriah Dengan Berbagi Derma

@dakita Kediri - Ditengah para elit pemerintahan berlomba mendapat simpati dengan berbagi derma dan pamer kemewahan, warga lingkungan RT. 01 RW. 01 Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri pamer patriotisme. Dengan dana swadaya seadanya peringatan HUT Kemerdekaan RI tetap berlangsung.

Warga masyarakat di salah satu rukun tetangga di Desa Menang tersebut mungkin satu-satunya lingkungan yang masih mengingat hari kemerdekaan negaranya. Dari seluruh jajaran pemerintahan dan intitusi negara yang berada di Kabupaten Kediri serta masyarakat lingkungan lainnya, yang masih merayakan HUT Kemerdekaan negaranya sepanjang pengamatan @dakita di lapangan hanya lingkungan ini.


Pasalnya, meski peringatan hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia belangsung hari ini, tidak satupun kegiatan baik di institusi pemerintahan maupun lembaga swasta melakukan kegiatan peringatan HUT.

Padahal, di tahun-tahun sebelumnya peringatan HUT Kemerdekaan diperingati hampir sebulan penuh. Kali ini yang terlihat hanya sekedar umbul-umbul, bahkan ucapan HUT pun sangat jarang kita temukan telampang. Dari beberapa gedung pemerintahan belum tampak memampangkan atribut ataupun ucapan HUT Kemerdekaan RI.

Hanya ada kegiatan renungan malam 17 Agustus di Taman Makam Pahlawan (TMP) oleh Pemkab Kediri dan diikuti beberapa institusi pemerintah yang ada di Kabupaten Kediri dan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung pagi tadi, Jum”at (17/8).

Kabag Pemerintahan Pemkab Kediri, Yusron menjelaskan, tidak adanya peringgatan peringatan HUT kemerdekaan di tahun ini karena penerapan sistim keuangan pemerintah yang sangat ketat. “Sistim penggunaan anggaran pemerintah mulai tahun ini sangat ketat. Tidak diperkenankan penggunaan anggaran yang tidak sesuai dengan pos yang ada. Jangankan untuk kegiatan perayaan, untuk anggaran upacara Peringatan HUT Kemerdekaan saja tidak di perkenankan. “ Ujar Yusron. Rabu, (15/8)

Sementara dalam kesempatan berbeda, para elit politik pemerintahan di Kabupaten Kediri maupun politisi tampak berbagi derma di bulan ramadhan laki ini. diantaranya santunan anak dan kaum duafa, berbuka puasa bersama di beberapa tempat dengan biaya yang cukup besar. (ys)
 
Keterangan Gambar : Salah satu peringatan HUT Kemedekaan RI yang makin sepi peminatnya.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Suara Kita" Lainnya