Detail Articles

Mendekati Musim Haji, Berkah Bagi Para Penyedia Jasa Penukaran Uang Real

Mendekati Musim Haji, Berkah Bagi Para Penyedia Jasa Penukaran Uang Real

@dakita Kediri – Jelang musim haji, jasa penukaran uang real di kabupaten Kediri naik. Tak pelak, dalam acara pelepasan calon haji di Gedung Bagawanta Bahari kabupaten Kediri mobil penyedia jasa penukaran uang pun stand by di lokasi tersebut. selasa,(18/9)

Mata uang Real bagi calon haji menjadi kebutuhan penting. Pasalya, di Negara para Mullah tersebut mata uang yang berlaku satu-satunya adalah mata uang real. Sehingga mau-tidak mau para calon haji ini harus memiliki mata uang ini untuk keperluan membeli kebutuhan selama di Tanah Suci. Bagi calon jamaah haji, keberadaan jasa penukaran mata uang real dirasa sangat penting. Mereka butuh uang berbagai nominal agar semakin mudah saat membeli barang yang dibutuhkan. Namun mereka harus sangat cermat untuk memilih penukaran uang dengan kurs yang murah. "Kalau ditukar pas berangkat biasanya mahal makanya sudah tukar sekarang. Tapi sebelumnya juga sudah mencari informasi tentang kurs yang murah," ujar Wati, salah satu jamaah.

Menurut Arfaqi Budiarjo, jika para jema’ah calon haji sudah memasuki asrama, akan mengalami kesulitan untuk menukarkan uang dalam bentuk reyal. Terlebih jika jam’ah tersebut sudah berada di Tanah Suci. Di samping itu, semakin mendekati musim Haji, menurut Arfaqi Budiarjo kurs mata uang real juga akan semakin naik.

“lumayan rame mas, apalagi waktu istirahat. Para jama’ah calon Haji banyak memilih menukarkan disini dari pada antri lama di Bank. Hari ini kita sudah dapat sekitar 100 juta rupiah, “ Ungkap Arfaqi Budiarjo, salah seorang penyedia jasa penukaran uang real yang berada di acara tersebut.

Tingginya transaksi disebabkan calon jamaah haji memilih untuk menukarkan uang real jauh - jauh hari sebelum berangkat agar nilai kurs tidak semakin mahal. Mahalnya kurs juga semakin terasa, apabila penukaran dilakukan di luar negeri, seperti Jedah atau Abu Dhabi. Untuk itu, ia selalu menyiapkan stok uang real dalam jumlah besar yang disimpan dalam tas kopor ukuran besar. Apalagi  "Biasanya penukaran jumlahnya terbatas untuk keperluan umroh. Kalau musim haji seperti ini berapapun yang dibutuhkan kami selalu siap memenuhi," ujarnya.

Untuk memudahkan calon jamaah haji dalam menggunakan uang real, Arfaqi membuat paket - paket penukaran real. Ada tiga paket yang ditawarkan, yakni Paket Rp 500.000, paket 1 juta rupiah dan paket  2 juta rupiah. Misalnya, dengan kurs 1 real sebesar 3.100 rupiah maka calon jamaah haji yang memilih paket 500 ribu rupiah bisa memperoleh 161 real dengan berbagai pecahan mulai dari 1 - 20 real. Begitupula untuk paket  1juta rupiah, calon jamaah bisa memperoleh 323 real dengan berbagai macam nominal.

Pecahan dengan nominal yang berbeda ini sangat perlu mengingat banyak jamaah yang merasa tertipu saat membeli barang kebutuhan dengan nominal tertentu. "Kalau tidak ada pecahan kecil pasti kesulitan karena disana jarang pedagang yang mau memberi uang kembalian. Apalagi persoalan bahasa menjadi kesulitan tersendiri saat tawar menawar sehingga uangnya harus pas agar jamaah tidak dirugikan," imbuh Faqi. (ys)

Keterangan Gambar : Masjid makkah Al Mukaramah

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Ekonomi/ Bisnis Kita" Lainnya