Detail Articles

Pilgup Jatim: PDIP Kabupaten Kediri Targetkan Sumbang 50 %

Pilgup Jatim: PDIP Kabupaten Kediri Targetkan Sumbang 50 %

@dakita Kediri – Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Kediri  targetkan menyumbang suara 50 persen dari jumlah pemilih yang ada di Kabupaten Kediri. Padahal pada Pilgub 2008 lalu, DPC PDIP Kabupaten Kediri hanya menyumbangkan suara sebesar 14 persen suara saja.

Padahal, waktu yang tersedia untuk menggalang dukungan saat itu jelas lebih banyak jika dibanding dengan Pilgub kali ini. Pasangan Calon Gubernur Sucipto – Ridwan Hisam yang diusung oleh PDIP pada saat itu sudah dengan gencar dan massif menggalang dukungan di Kabupaten Kediri.

Akan tetapi, dari jumlah 1.214.719 suara yang ada di Kabupaten Kediri, PDIP hanya mampu menyumbangkan 173.242 suara saja, atau hanya sebesar 14 persen. Biarpun dari jumlah itu, pasangan calon yang diusungnya memperoleh suara tertinggi.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri Sutrisno mengatakan, sumbangan suara yang dapat diberikan oleh DPC PDIP Kabupaten Kediri untuk pasangan calon Bambang-Said pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur Agustus mendatang sebanyak 50 persen suara dari jumlah pemilik suara di Kabupaten Kediri. Sutrisno mengatakan akan menggerakan mesin partai secara maksimal untuk mendapatkan target tersebut.

Namun Sutrino menyatakan, waktu yang tersedia untuk menggalang massa di Kabupaten Kediri sangat pendek. Sehingga dimungkinkan tidak bisa maksimal untuk bisa mendulang suara secara maksimal.

“Kita targetkan 50 persen lebihlah. Masalahnya waktu yang tersedia iuntuk menggalang kemenangan cukup mepet,” ujar Sutrisno. Selasa, (28/5).

Saat dikonfirmasi apakah PDIP Kabupaten Kediri akan bisa mngulang kemenangan sebagaimana pada Pilgub 2008 lalu, Sutrisno mengatakan, pihaknya hanya bisa berupaya dan menyerahkan pada yang kuasa untuk memberikan yang terbaik.

“Kita berupaya dan meminta pada yang kuasa untuk diberikan yang terbaik. Akan tetapi akan diberikan yang terbaik yang mana kita serahkan semua pada yang diatas.” tambanya.

Sementara, dalam sambutannya, Bambang Dwi Harianto Calon Gubernur Jatim yang sedang diusung oleh PDIP  mengakui bahwa waktu yang tersedia untuk menggalang dukungan sangat sempit. Pasalnya, dirinya dan pasangan calon wakil gubernur yang digandengnya mendapat rekomendasi dari DPP PDIP hampir pada batas akhir masa pendaftaran calon Gubernur yang dijawalkan oleh KPU Jatim.

Kendati demikian, dirinya dan pasangan calon wakil gubernur yang digandenganya, yakni Said Abdullah akan berupaya masimal untuk dapat melawan incumben. Menurut Bambang, dirinya sangat optimis mesin PDIP akan berjalan dengan maksimal biarpun memiliki kesempatan yang lebih pendek dibanding dengan pasangan calon gubernur lainnya.

“Waktu kita untuk mendapat rekomendasi dengan masa pendaftaran sangat pendek sekali. Sehingga pasangan calon lain sudah bergerak kemana-mana, kita baru mulai start,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui pada Pilgub 2008 lalu, Kabupaten Kediri mampu sebagai salah satu daerah yang memenangka pasangan calon gubernur yang diusung PDIP. Dari jumlah 1.214.719 suara, DPC PDIP Kabupaten Kediri mampu menyumbang pasangan calonnya yakni Sutjipto sejumlah 173.242 suara. Disusul oleh pasangan Calon Khofifah sebesar 156.590 suara, pasangan calon Soekarwo sebanyak 1144.409, Soenaryo sebanyak 143.157 suara dan pasangan calon Ahmadi sebanyak 29. 218 suara.  (ys)

Keterangan Gambar : Calon Gubernur Jatim Bambang DH dan Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri Sutrisno

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Politik/pemerintahan Kita" Lainnya