Detail Articles

Akibat Hubungan Sex Usia Muda

Akibat Hubungan Sex Usia Muda

Hubungan atau kontak seksual pada usia muda dibawah 17 tahun merangsang tumbuhnya kanker pada alat kandungan perempuan. Karena pada rentang usia 12 hingga 17 tahun, perubahan sel dalam mulut rahim sedang aktif sekali.

“Saat sel sedang membelah secara aktif (metaplasi) idialnya tidak terjadi kontak atau rangsangan apapun dari luar termasuk injus (masuknya) benda asing dalam tubuh perempuan”, kata dr Teti Ernawati dari rumah sakit Cipto Mngunkusumo Jakarta. Menurutnya masuknya benda asing termasuk alat kelamin laki-laki dan sperma akan mengakibatkan perkembangan sel ke arah abnormal. Apalagi sampai terjadi luka yang mngakibatkan infeksi dalam rahim.

Menurut dr. Teti, Sel abnormal dalam mulut rahim itu dapat menyebabkan kanker mulut rahim (serviks). Kanker serviks dapat menyerang alat kandungn perempuan, berawal dari mulut rahim dan beresiko menyerang ke vagina hingga keluar di permukaan. Selain itu kanker serviks juga beresiko menyebar ke organ lain dalam tubuh, misalnya uterus, ovarium, tuba fallopi, ginjal, paru-paru, lever, tulang hingga otak. Jika pada stadium lanjut dan telah menyebar ke organ lain, bisa meyebabkan kematian.

Gejala yang lebih mudah dilihat adalah timbulnya keputihan yang berbau dan berulang-ulang serta terjadi pendarahan di bagian kemaluan perempuan saat tidak sedang haid.

Pencegahan yang bisa dilakukan ; sejauh mungkin dihidari hubungan seks pada usia dini, dan juga di hindari hubungan seks dengan bergonta ganti pasangan. (Red)

Keterangan Gambar ; Ilustrasi Stadium Kanker Serviks

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Kesehatan Kita" Lainnya